#MyBreastfeedingJourney : Persiapan (Preparation)

Karena kurangnya ilmu dan persiapan akhirnya si sulung dulu ngASI nya ngga sampai 2 tahun. Karena itu dari awal tau positif hamil  anak ketiga saya sudah berazam kali ini si adek harus lulus asi 2 tahun. Jadi dimulailah persiapan-persiapan yang saya lakukan sejak masuk trisemester 1.

  1. Membaca. Persiapan pertama yang saya lakukan adalah MEMBACA. Yes, ilmu dulu baru amal. Dengan segala drama yang saya alami pasca lahiran hal ini terbukti bergunaaa banget. Kerjaan tiap hari berseluncur di google baca2 tentang kehamilan dan menyusui juga nongkrong di youtube dan blog ibu-ibu yang sudah berpengalaman terutama dalam hal manajemen ASI. Karena untuk anak ke 3 ini saya harus nyetok ASIP (ASI Perah), sementara pengalaman saya dalam manajemen stok asip ini nol banget.
  2. Peralatan. Karena harus nyetok asip, selain mencari ilmu tentang ASIP tentu saja saya harus mempersiapkan peralatannya juga. Setelah baca2 review pompa asi, cooler bag, freezer, botol, dsb yang berkaitan dengan dunia per-ASIP-an, kandungan masuk usia 5 bulan saya mulai nyicil peralatannya. Pompa Asi sudah saya beli sebelum lahiran karena sudah niat mau dibawa ke rumah sakit.
  3. Komunikasi ke Suami. Syukurnya suami mendukung banget. Dan dukungan itu berarti banget buat saya karena jadi nambah semangat.
  4. Bertanya. Pas banget di kantor ada busui, dari sejak hamil mulai deh nanya2 seputar ASIP dengan beliau. Dan alhamdulillah berguna banget ilmu dan pengalamannya.

Sejauh ini alhamdulillah lancar, tapi saya masih tetap bongkar pasang metode dalam me-manage pola penyimpanan dan pemberian ASIP untuk si adek. Perjalanan masih panjang walo ngga berasa. Mudah-mudahan bisa lulus S2 Asi 🙂

 

#MyBreastfeedingJourney : The Beginning

Leave a Reply