#MyBreastfeedingJourney : The Beginning

Judulnya kok kaya film horor ya😁 Tapi awal mula perjalanan nyusuin Areen memang rada “horor” 😖

Somehow ada perasaan kecewa sama diri sendiri, selain karena gagal lahiran normal, kedua karena yang masuk pertama ke tubuh Areen bukan ASI uminya. Karena itu setelah 24 jam dipisah dari Areen begitu dibalikin ke pelukan uminya di hari kedua, dalam kondisi bekas operasi yang rasanya masih aduhai sakiiit banget langsung jor-joran ngasih ASI.

Tapi ternyata ASI belum keluar juga. Padahal dari hari pertama udah dipancing dengan pompa. Hasilnya Areen ngempeng nen uminya seharian. Kedua puting saya pun lecet merah dan terkelupas. Dan rasanya periiih banget setiap Areen kenyot. Baru kali ini nenenin anak sambil nangis plus kaki ngejang nahan perih 😭 Runtuh semua teori per-ASI-an yang saya baca-baca selama hamil. Makin kecewa.

Hari ketiga karena udah ngga tahan sama puting yang lecet dan bengkak akhirnya mimiknya diselingi Sufor lagi sambil tetep dinenenin. Trus minta suami beliin salep untuk puting luka yang ternyata ngga ngefek, tetep aja tiap Areen nen rasanya perih tiada tara. Syukurnya siangnya ada temen bidan yang nyemangatin dan bikin saya inget lagi tentang ilmu per-ASI-an yang sempet nguap pasca lahiran 😞

Intinya tetep di-nen-in ke bayinya no matter what, karena air liur dan ASI akan nyembuhin puting lukanya. So semangat mulai kembali membara ngalahin rasa super perih itu. Kotak sufor masukin laci kamar inap, konci!

Alhamdulillah, ntah karena sugesti air liur bayi dan ASI itu nyembuhin or another reason malemnya PD mulai bengkak dan badan mulai anget. Areen mulai nen dengan lahap dan udah bisa dipompa juga. Satu list stres saya mulai menghilang.

Mendadak operasi, proses sebelum operasi yang sakit, bekas operasi yang  juga sakit (banget), puting lecet, asi belum keluar, semuanya ngga sesuai rencana, rasanya cukup bikin saya stres dan nangis2 before and afternya 😞 Syukurnya ngga lama-lama.

Kuncinya sabar ⇐ yang ini ngga mudah lo . Alhamdulillah dukungan dan perhatian orang-orang sekitar juga sangat membantu. Walaupun hari2 pertama pake drama alhamdulillah saya ngga nyesel banyak baca kembali dunia per-ASI-an sebelum lahiran, khususnya ilmu tentang ASIP (ASI Perah). Terbukti sekarang jadi sangat berguna sekali 😊 (udah bisa senyum sekarang hehe). Badai pasti berlalu harusnya judulnya ya 😁

Buat buibu diluar sana no matter what what, tetap semangat stay strong ya i love you and i feel you!❤️

Leave a Reply