#Sharing : Tanda-tanda Persalinan (?)

Alhamdulillah minggu ini kehamilan saya memasuki usia 37 minggu. Rabu minggu lalu udah cek ke dokter. Pak dokter bilang adeknya Bang Arkan kepalanya udah dibawah. Dan berat perkiraan USG udah 3.2 Kg. Emaknya disuruh diet sama ngurangin minum susu. Masuk usia 8 bulan ke atas memang nafsu makan saya udah kembali dan bikin lupa diri. Perut berasa nagih utang ^^” *nyalahinperut

Walaupun udah ngelahirin 3 kali tapi tetep aja bingung sama tanda-tanda awal persalinan, padahal udah berseluncur di jagad raya google plus mantengin pengalaman emak-emak yang udah lahiran di forum theurbanmama.

Berikut ini beberapa ciri waktu persalinan semakin deket yang saya satuin dari pengalaman pribadi, temen kantor dan sumber-sumber lainnya. Tapi tetep namanya sinyal tubuh tiap orang beda-beda.

1. Flek / Spotting

Kedua proses melahirkan saya dulu ngga mengalami hal ini, ketubannya juga dipecahin dokter, dan ngrasain luar biasa sakitnya kontraksi baru setelah bukaan ke 5.

2. Sakit Pinggang

Yang ini juga iya. Kalo lagi sakit banget pinggang rasanya cenut-cenut dibawa jalan.

3. Sering Pipis

Makin kesini bahkan sampe ngga bisa tidur (O.O”) Mungkin ada 4-5 kali saya bangun malem buat BAK, belum lagi kalo cuaca lagi sejuk banget malemnya T.T bisa berkali-kali sampe subuhnya susahhhh banget buat bangun, mata berasa di lem alteco.

4. Diare

Kalo yang ini yes, mencre2 iya juga, udah dari beberapa hari yang lalu, sampe bingung ini mules mau pupee apa mau melahirkan sih ^^” Secara dulu rasanya mules lahiran yang saya alami itu memang rasa awalnya hampir sama kaya mules pupee dan kebeletttt banget pengen ngeden. Tapi setelah nglapor ke kamar renungan aka WC akhirnya terbukti memang panggilan alam yang emang lagi ngga stabil wkwk

5. Nyeri di selangkangan

Duh yang ini iya banget. Berasa daerah “ujung” tuh pengen copot. Apalagi kalo dalam kondisi tidur mau balik posisi, ya amfun nyerinya pake banget.

6. Kontraksi 

Sudah dari hari Jumat kemarin sebenernya saya ngrasain kontraksi. Tapi masih feeling ini kontraksi palsu, terus ngga ngrasain sakit juga, ya paling ngilu2 gitu, secara si adek masih nendang sana sini ^^” Seringnya pertanyaannya adalah kontraksi itu rasanya kaya apa sih. Kalo yang saya rasain perut tiba-tiba kenceng, mengetat, dan kalo kita pegang berasa keras kaya papan. Saya pribadi baru ngrasain kontraksi lumayan sering begini setelah jalan minggu ke 37.

orami.co.id – Kontraksi merupakan awal tanda persalinan sudah dekat, namun ada yang tidak. Moms bisa saja mengalami kontraksi selama berminggu-minggu bahkan beberapa bulan sebelum persalinan. Lalu, bagaimana Moms dapat membedakan kontraksi sebenarnya dan yang tidak? Perhatikan kontraksi sebagai ciri-ciri mendekati persalinan yang sesungguhnya berikut ini:

  • Jika Moms aktif, kontraksi lebih kuat dan tidak mengendur

  • Jika Moms berubah posisi, kontraksi tidak hilang

  • Nyeri kontraksi dimulai di punggung bawah dan bergerak ke perut bagian bawah, dan mungkin kaki

  • Kontraksi akan lebih sering dan lebih menyakitkan

7. Ketuban Pecah

Yang ini juga belum. Tapi beberapa temen kantor salah satu tanda awalnya ini. Kalo udah begini harus segera ke rumah sakit ya, jangan ditunda-tunda lagi.

Tanda-tanda persalinan ini ngga semuanya sama di setiap ibu, bahkan di setiap kehamilan yang kita alami bisa jadi berbeda-beda cirinya. Sampe saat ini yang saya lakukan baru persiapan tas untuk persalinan nanti, baca-baca, plus banyak nungging and jongkok, sesuai arahan pak dokter ^o^9 even it’s the third time still it makes me h2c. Mohon doanyaa semoga persalinan saya lancar selamat sehat semuanya, aamiin 😀

Leave a Reply