Pengalaman Belanja di Aliexpress.com

Bulan Agustus 2016 lalu saya nyoba-nyoba belanja kain di Aliexpress.com. Saya tertarik karena free shipping alias gratis ongkos kirim sampai ke alamat rumah, dan memang lagi naksir sama motif kainnya juga. Alhamdulillah, ternyata dapet seller yang respon-nya cepat. Barangnya juga ngga disangka-sangka datangnya cepat, ngga sampai hitungan 2 minggu (kira-kira 10 hari). Padahal beberapa bulan sebelumnya Suami pernah order sparepart elektronik seharga US$30, dan barangnya sampai di rumah sekitar 1 bulan lebih. Di web nya juga memang sudah ada keterangan kalau perkiraan barang sampai sekitar 20 – 36 hari. Makanya rada kaget begitu barangnya sampai dengan cepat 😀 Mungkin tergantung seller dan lokasi stok barangnya juga ya.

1475462187464

Saya belanjanya di Ann Fashion Accessories yang khusus menjual peralatan craft dan kain. Jangan lupa, sebelum belanja periksa dulu rate seller-nya (ada dibagian atas menu) dan cek harga dengan toko online lain. Biasanya ada yang jual barang yang sama, tapi harganya berbeda.

Usahakan belanja dibawah US$50 satu paket. Karena kalau diatas US$50 akan kena pajak impor. Kalau misalnya belanja banyak item, pinter-pinter aja komunikasi sama seller-nya untuk membagi paketnya biar ngga lebih dari US$50. Toh free shipping juga.

Kelebihan belanja di Aliexpress yang saya rasakan (IMHO) :

  1. Update informasi tracking yang jelas dan user-friendly. Maklum lokasinya jauh, jadi rada deg-degan 😅
  2. Barang-barang yang dijual ada banyak macam. Ada yang memang bisa dicari Indonesia, ada juga yang tidak ada di Indonesia. Tapi biasanya orang belanja di Aliexpress karena memang barang yang dicari ngga ada / belum nemu di Indonesia. Dari barang-barang sepele sampai yang ribet dan unik.
  3. Free Shipping. Bebas Ongkos Kirim. Beneran cuma bayar harga barang aja.
  4. Metode pembayaran mudah

Kekurangannya ya itu, barangnya sampainya lama. Kekurangannya ini memang wajar. Secara barangnya di China 😅 Kalau lagi untung seperti kasus saya, ngga sampai 2 minggu barang sudah mendarat manis ke alamat rumah. Tapi umumnya 1 bulan baru sampai.

Cara Belanja :

  1. Sebelumnya buat akun dulu di Aliexpress
  2. Setelah punya akun, pilih barang yang ingin dibeli, atau ketik nama barang di kolom search.
  3. Klik Barangnya. Akan muncul halaman seperti gambar dibawah. Scroll ke bawah untuk melihat keterangan tambahan seperti gambar, klasifikasi barang, shipping, dan feedback.ali2
  4. Klik Quantity. Berapa jumlah barang yang ingin kita pesan
  5. Klik Buy Now. Atau kalau masih mau belanja, klik Add Cart.ali3
  6. Setelah klik Buy Now akan muncul halaman review order seperti gambar diatas. Klik alamat yang akan dituju atau kalau mau edit alamat juga bisa. Setelah selesai, klik Place Order. Akan muncul halaman Metode Pembayaran seperti gambar dibawah.ali4
  7. Sebelum klik Pay Now, pilih Metode Pembayarannya dulu (Payment Methods). Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit, doku wallet, atau ATM transfer. Kalau ngga punya kartu kredit (seperti kami) bisa melalui Doku Wallet, tinggal buat akunnya. Baru deh proses.

Informasi trackingali1

 

Leave a Reply