Review : SIGNAL (2016)

signal_korean_dramaBaru kali ini ya saya review Drama Korea. Tapi yang satu ini beda banget sama drama-drama Korea yang umumnya sudah kita ketahui tipe cerita atau karakter tokohnya. Saya yang bukan hard core fan drama korea aja bisa suka. Kemungkinan besar karena genre dramanya juga yang memang kesukaan saya 😀

Genre-nya Kriminal, Thriller, and a very little bit fantasy. Kasus-kasus yang dibahaspun kasus-kasus real yang pernah terjadi di negara Korea Selatan dalam kurun waktu tahun 1980-an hingga 2000-an.

PLOT

Kisahnya tentang sebuah walkie-talkie yang menghubungkan seorang detektif bernama Detektif Jae-Han (Cho Jin-Woong) yang hidup di tahun 1989 dengan seorang profiler pidana bernama Hae-Young (Lee Je-Hoon) yang hidup di tahun 2015.

Hae-Young bekerja sebagai profiler pidana dan juga seorang letnan polisi. Meskipun seorang polisi, tapi ia sendiri tidak percaya polisi karena pengalaman masa lalunya.

Tahun 2000. ketika Hae-Young masih di sekolah dasar, teman sekelasnya Yoon-Jung diculik dan kemudian ditemukan tewas. Sebelum penculikan, Hae-Young sempat melihat seorang wanita mengambil Yoon-Jung dari sekolah pada hari itu, tapi polisi mengumumkan bahwa tersangkanya adalah seorang pria. Kemudian Hae-Young pergi ke kantor polisi dan mengatakan kepada polisi bahwa ia melihat penculik Yoon-Jung dan dia adalah seorang wanita, bukan pria. Namun para petugas polisi tidak menggubrisnya. Hingga saat ini pembunuh Yoon-Jung tidak pernah tertangkap dan kasusnya tetap belum terpecahkan.

Tahun 2015. Hae-Young bertemu seorang wartawan di sebuah kafe untuk mengungkapkan skandal seorang selebriti. Pada saat itu juga seorang veteran detektif Soo-Hyun (Kim Hye-Soo) mengintai pertemuan tersebut, Soo-Hyun tidak tau bahwa Hae-Young adalah seorang polisi, kemudian menangkap Hae-Young dengan tuduhan menguntit selebriti.

Setelah terbebas dari tuduhan tersebut, Hae-Young meninggalkan kantor polisi (kantor polisi yang sama saat ia pergi ketika masih anak-anak), ia mendengar seseorang berbicara kepadanya. Setelah mencari disekitar lokasi ia menemukan sebuah walkie-talkie. Ternyata orang yang berbicara dengan Hae-Young itu adalah Detektif Jae-Han. Sejak saat itu Hae-Young dan Detektif Jae-Han mulai berkomunikasi melalui walkie-talkie tersebut. Dari sini cerita dimulai.

REVIEW

Puas sama drama satu ini. Sayang banget cuma 16 episode. Tapi kalo nonton episode terakhirnya kayanya bakal ada season keduanya.

Untuk yang suka genre detektif, thriller, atau kriminal, drama korea satu ini saya rekomendasikan banget. Bagi saya semacam wangi baru dari dunia drama negeri ginseng. Commonly yang saya tau drama korea soalnya seputar cowok tampan kaya dan cewek cantik miskin, I’m so sorry.

Tapi drama yang satu ini bikin pandangan saya tentang drama korea harus direvisi 😀 hampir di setiap episode saya nangis nontonnya. Pertama, karena kasus-kasusnya diambil dari kisah nyata. Kedua, karena menyaksikan dampak hukum yang tidak adil terhadap kehidupan seseorang. Ketiga, bobroknya nilai-nilai moral baik itu dari lembaga hukum dan oknum-oknum didalamnya. Yang ini asli bikin gemes setiap nonton. Terutama waktu episode Han Se Kyu ngomong gini, “It’s a good country.” Han Se Kyu ini pembunuh dan pemerkosa, yang karena orangtuanya kaya banget dia selalu lolos dari tangan hukum. Makanya saat diselidiki oleh Hae-Young dia bilang ke Hae-Young kaya’ tadi, “It’s a good country.” Duh pengen tak tonjok.

Setiap kasus-kasus yang mereka tangani selalu berhubungan dengan Detektif Jae-Han yang berada di tahun 1989 dan sebelum kejadian-kejadian tahun 2000. Drama ini saya kasih nilai 5 stars juga karena twist-twist di-plotnya. Mudah-mudahan segera ada season keduanya.

3 comments

Leave a Reply